Dolan Dolen

162 followers
·
5 following
Panduan Wisata Indonesia. Go explore, be dolaners!
Dolan Dolen
More ideas from Dolan
Hayo siapa yang suka ngopi tunjuk tangan! Minuman yang digemari warga dunia ini memang tak ada habisnya diceritakan. Ada saja hal-hal baru tentang kopi, seakan cerita yang tiada ujungnya. Bila kopi biasanya dihidangkan secara tradisional di meja dapur ala kadarnya, kini kopi tampil berkelas dengan bermacam-macam cara menyeduh serta tampilan yang cantik-cantik. Kalau Dolaners mau tahu lebih banyak tentang kopi, sekalian menikmati seduhannya yang khas, datang saja ke Imaji Kopi.

Hayo siapa yang suka ngopi tunjuk tangan! Minuman yang digemari warga dunia ini memang tak ada habisnya diceritakan. Ada saja hal-hal baru tentang kopi, seakan cerita yang tiada ujungnya. Bila kopi biasanya dihidangkan secara tradisional di meja dapur ala kadarnya, kini kopi tampil berkelas dengan bermacam-macam cara menyeduh serta tampilan yang cantik-cantik. Kalau Dolaners mau tahu lebih banyak tentang kopi, sekalian menikmati seduhannya yang khas, datang saja ke Imaji Kopi.

Mau potong rambut, tapi lapar? Atau lagi lapar, tapi kudu potong rambut? Tenang, tak usah galau. Dolaners bisa ke Home Barber Cafe & Distro yang menyediakan barber shop sekaligus tempat mengisi perut sampai kenyang. Mengusung tiga tema sekaligus, Home Barber Cafe & Distro cukup nyaman jadi tempat nongkrong dan gaul baik cewek maupun cowok. Gak ada diskriminasi gender kok, di tempat ini. Tak percaya? Coba aja!

Home Barber Cafe & Distro

Nyari tempat nongkrong yang hits di Bontang? Lebih dari sekedar hits, tempatnya juga kudu nyaman dan homey? Dan masih mau makanan yang sedap di mulut, jadi pulangnya juga kenyang? Gak susah kok, nemu tempat yang punya semua kriteria ini. Udah ke Kedai Hitam Putih, Dolaners? Kedai ini punya tempat yang nyaman untuk bersantai, ditemani dengan beragam hidangan yang lezat.

Nyari tempat nongkrong yang hits di Bontang? Lebih dari sekedar hits, tempatnya juga kudu nyaman dan homey? Dan masih mau makanan yang sedap di mulut, jadi pulangnya juga kenyang? Gak susah kok, nemu tempat yang punya semua kriteria ini. Udah ke Kedai Hitam Putih, Dolaners? Kedai ini punya tempat yang nyaman untuk bersantai, ditemani dengan beragam hidangan yang lezat.

Nama yang rada absurd ya, karena terjemahan bebasnya adalah “susu ibu” tapi sebenarnya makna eksplisitnya adalah cafe ini menyediakan berbagai olahan minuman susu murni yang diolah dengan aneka rasa.

Nama yang rada absurd ya, karena terjemahan bebasnya adalah “susu ibu” tapi sebenarnya makna eksplisitnya adalah cafe ini menyediakan berbagai olahan minuman susu murni yang diolah dengan aneka rasa.

Salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah Lapis Malang. Kue lapis kekinian ini lagi banyak diburu setiap kalangan, gak cuma para bunda saja, tapi juga dari kalangan pelajar, mahasiswa, sampai pekerja kantoran.

Salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah Lapis Malang. Kue lapis kekinian ini lagi banyak diburu setiap kalangan, gak cuma para bunda saja, tapi juga dari kalangan pelajar, mahasiswa, sampai pekerja kantoran.

Penggemar seafood di Bontang bisa jadi kebingungan menentukan mau makan di kedai seafood yang mana. Lokasi wilayah yang berdekatan dengan sumber makanan laut memang membuat Bontang kaya akan olahan seafood yang masih segar. Dan tentu Dolaners tahu pentingnya kesegaran dalam olahan seafood. Tapi santai saja, tak perlu bingung. Warung Melati bisa jadi pilihan makan seafood di Bontang, baik Bontang Utara, Selatan, maupun Bontang Barat.

Penggemar seafood di Bontang bisa jadi kebingungan menentukan mau makan di kedai seafood yang mana. Lokasi wilayah yang berdekatan dengan sumber makanan laut memang membuat Bontang kaya akan olahan seafood yang masih segar. Dan tentu Dolaners tahu pentingnya kesegaran dalam olahan seafood. Tapi santai saja, tak perlu bingung. Warung Melati bisa jadi pilihan makan seafood di Bontang, baik Bontang Utara, Selatan, maupun Bontang Barat.

Dolaners doyan sama seafood? Emang gak ada matinya kalau ngebahas olahan makanan laut ini. Mulai ikan beragam jenisnya, udang juga bermacam-macam jenis, cumi, kepiting, dan masih banyak lagi. Mau dibakar atau disiram saus yang beragam rasa juga, semua enak. Tapi kalau gak suka atau alergi seafood, gimana? Apa ya masih bisa makan di resto seafood? Oh, tenang, Dolaners. Coba ke Resto Udang Bontang. Resto ini punya seafood maknyus dan menu-menu lain yang lezat.

Dolaners doyan sama seafood? Emang gak ada matinya kalau ngebahas olahan makanan laut ini. Mulai ikan beragam jenisnya, udang juga bermacam-macam jenis, cumi, kepiting, dan masih banyak lagi. Mau dibakar atau disiram saus yang beragam rasa juga, semua enak. Tapi kalau gak suka atau alergi seafood, gimana? Apa ya masih bisa makan di resto seafood? Oh, tenang, Dolaners. Coba ke Resto Udang Bontang. Resto ini punya seafood maknyus dan menu-menu lain yang lezat.

Percaya gak, kalau ada resto yang sanggup menghidangkan menu apapun yang Dolaners mau? Mau menu Western? Ada. Mau Menu Japanese? Ada. Mau menu nusantara? Ada juga. Biasanya kan, satu resto khusus menyediakan satu hidangan saja. Tapi di Bontang, ada resto yang menawarkan tiga hidangan sekaligus, Western, Japanese, dan lokal. Yak, semua ada di resto ini. Dolaners mau coba? Hanya ada di MagSeven Cafe.

Percaya gak, kalau ada resto yang sanggup menghidangkan menu apapun yang Dolaners mau? Mau menu Western? Ada. Mau Menu Japanese? Ada. Mau menu nusantara? Ada juga. Biasanya kan, satu resto khusus menyediakan satu hidangan saja. Tapi di Bontang, ada resto yang menawarkan tiga hidangan sekaligus, Western, Japanese, dan lokal. Yak, semua ada di resto ini. Dolaners mau coba? Hanya ada di MagSeven Cafe.

Dolaners lebih suka makanan nusantara apa makanan impor? Kalau penyuka manakan lokal, Dolaners pasti tahu rasanya jika makan kurang sambal. Kurangnya citarasa pedas di lidah bisa bikin sesedap apapun masakan yang dicecap jadi terasa hambar dan ada yang kurang. Tapi jangan kuatir bila Dolaners lagi ada di Bontang. Di kota ini ada Kedai Cah Telu yang menghadirkan sambal untuk melengkapi menu-menu nusantaranya. Citarasanya? Wow, maknyus!

Dolaners lebih suka makanan nusantara apa makanan impor? Kalau penyuka manakan lokal, Dolaners pasti tahu rasanya jika makan kurang sambal. Kurangnya citarasa pedas di lidah bisa bikin sesedap apapun masakan yang dicecap jadi terasa hambar dan ada yang kurang. Tapi jangan kuatir bila Dolaners lagi ada di Bontang. Di kota ini ada Kedai Cah Telu yang menghadirkan sambal untuk melengkapi menu-menu nusantaranya. Citarasanya? Wow, maknyus!

Dolaners sudah pernah jalan-jalan ke Singapore? Kalau belum, cobain ke Bontang dulu buat sekedar ngepoin rasanya Singapore. Kalau sudah, tetep aja ke Bontang buat bandingin seperti apa bedanya atau samanya. Apa yang dibandingin, nih? Suasana di sekitar Merlion-nya. Yak! Bontang punya patung Merlion yang sama persis dengan yang ada di Singapore. Penasaran kok bisa begitu? Makanya, datang dulu ke Bontang, tepatnya ke Cafe Singapore di Tanjung Laut Indah.

Dolaners sudah pernah jalan-jalan ke Singapore? Kalau belum, cobain ke Bontang dulu buat sekedar ngepoin rasanya Singapore. Kalau sudah, tetep aja ke Bontang buat bandingin seperti apa bedanya atau samanya. Apa yang dibandingin, nih? Suasana di sekitar Merlion-nya. Yak! Bontang punya patung Merlion yang sama persis dengan yang ada di Singapore. Penasaran kok bisa begitu? Makanya, datang dulu ke Bontang, tepatnya ke Cafe Singapore di Tanjung Laut Indah.

Mau tahu seperti apa kehidupan penduduk setempat di suatu wilayah? Kalau Dolaners kepo maksimal tentang orang-orang di suatu tempat, lokasi yang paling pas untuk mengamati adalah di taman kotanya. Dijamin, Dolaners akan mendapati banyak pemandangan menarik di taman kota. Dan uniknya, ada sebuah kampung di bontang yang punya taman, terbuka untuk umum, dengan fasilitas kekinian, pula. Yak, inilah Taman Tanjung Laut.

Mau tahu seperti apa kehidupan penduduk setempat di suatu wilayah? Kalau Dolaners kepo maksimal tentang orang-orang di suatu tempat, lokasi yang paling pas untuk mengamati adalah di taman kotanya. Dijamin, Dolaners akan mendapati banyak pemandangan menarik di taman kota. Dan uniknya, ada sebuah kampung di bontang yang punya taman, terbuka untuk umum, dengan fasilitas kekinian, pula. Yak, inilah Taman Tanjung Laut.

Taman Nasional Kutai adalah harta karun yang telah diakui sejak zaman kolonialisme. Kekayaan alam melimpah dan tersimpan di hutan hujan tropis ini. Tak hanya bagi ribuan satwa yang bertempat tinggal didalamnya, taman nasional ini juga turut menopang keberlangsungan hidup bumi dan manusia. Meskipun luas wilayah hutan tropis basah ini terus menyusut, Dolaners masih bisa menikmati senyap dan tenangnya suasana hutan ini dengan berwana wisata.

Taman Nasional Kutai adalah harta karun yang telah diakui sejak zaman kolonialisme. Kekayaan alam melimpah dan tersimpan di hutan hujan tropis ini. Tak hanya bagi ribuan satwa yang bertempat tinggal didalamnya, taman nasional ini juga turut menopang keberlangsungan hidup bumi dan manusia. Meskipun luas wilayah hutan tropis basah ini terus menyusut, Dolaners masih bisa menikmati senyap dan tenangnya suasana hutan ini dengan berwana wisata.

Pupuk adalah komoditas yang cukup tenar di Bontang. Kalau membicarakan pupuk, referensi yang muncul adalah Kalimantan Timur, seakan hal yang otomatis saja. Dan ternyata, Pupuk Kalimantan Timur memiliki sebuah masjid yang tampak sederhana saja tanpa desain rumit, tapi memiliki fungsi penting bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Tak hanya sebagai tempat ibadah, masjid ini berperan aktif dalam kehidupan sosial kemasyarakatan pula.

Pupuk adalah komoditas yang cukup tenar di Bontang. Kalau membicarakan pupuk, referensi yang muncul adalah Kalimantan Timur, seakan hal yang otomatis saja. Dan ternyata, Pupuk Kalimantan Timur memiliki sebuah masjid yang tampak sederhana saja tanpa desain rumit, tapi memiliki fungsi penting bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Tak hanya sebagai tempat ibadah, masjid ini berperan aktif dalam kehidupan sosial kemasyarakatan pula.

Masjid Al Kautsar berada dalam lingkungan kerja PT Badak NGL. Yap, masjid ini memang sama seperti mushala kecil di kantor manapun yang Dolaners pernah jumpai, tapi Masjid Al Kautsar benar-benar dibangun dengan serius. Bila tak menilik lokasinya, bisa-bisa Dolaners mengira Al Kautsar adalah masjid biasa yang bisa dijumpai di tengah pemukiman penduduk.

Masjid Al Kautsar, Bontang

Dengan mayoritas penduduk beragama Islam, tak lengkap bila Kota Bontang tak memiliki masjid agung. Dan sudah bisa ditebak, masjid agung yang dimiliki kota ini tentu tak main-main. Selain lokasi yang mudah dicari, Masjid Al Hijrah adalah masjid yang dibangun oleh tangan profesional, sehingga keseluruhan bangunan tampak begitu menyatu dalam satu konsep utuh. Mau tahu seperti apa khasnya arsitektur Masjid Al Hijrah? Yuk lihat!

Masjid Al Hijrah, Bontang

Dolaners suka kegiatan outdoor yang menantang adrenalin? Atau cuma suka acara-acara seru outdoor yang gak ngebosenin? Atau bermalas-malasan dalam suasana outdoor? Angkutlah tenda, alat pancing, perlengkapan snorkeling, dan jangan lupa kamera, ke Teluk Kaba. Meskipun memerlukan perahu untuk sampai di pantai ini, menghabiskan waktu di sini benar-benar seru dan menyenangkan. Yuk, kulik lebih jauh tentang seluk beluk Pantai Indah Teluk Kaba.

Dolaners suka kegiatan outdoor yang menantang adrenalin? Atau cuma suka acara-acara seru outdoor yang gak ngebosenin? Atau bermalas-malasan dalam suasana outdoor? Angkutlah tenda, alat pancing, perlengkapan snorkeling, dan jangan lupa kamera, ke Teluk Kaba. Meskipun memerlukan perahu untuk sampai di pantai ini, menghabiskan waktu di sini benar-benar seru dan menyenangkan. Yuk, kulik lebih jauh tentang seluk beluk Pantai Indah Teluk Kaba.